selamat datanng di blogs kami.kami mencoba untuk berbagi ilmu,terutama bagi guru guru MI,SD PAI.semoga bermanpaat bagi anda.terima kasih atas kunjungannya....igtanim homsan qobla homsin

Saturday, November 20, 2010

Inventarisasi masalah pendidikan

1.Aspek Administrasi Madrasah 
Permasalahan: 
Administrasi yang dibuat belum lengkap terutama yang berkaitan dengan KTSP dokumen I dan dokumen II. 
Alternatif pemecahan masalah
Perlu adanya bimbingan rutin,dan lebih serius serta berkesinambungan dari pihak yang terkait,baik dari           Kemenag yang dalam hal ini seksi Mapenda maupun para pengawas khususnya.
2. Kelembagaan.
 Permasalaha:
Secara struktur,kelembagaan memang sudah ada namun dari segi fungsinya belum di berdayakan secara         baik dan maksimal sehingga terkesan apa adanya.Komite masih ada yang belum bekerja sesuai pungsinya.
Alternatip pemecahan masalah:
 Kemenag agar memberikan bimbingan kepada madrasah tentang tupoksi lembaga/yayasan/komite.
3. Ketenagaan
Permasalahan
Kurangnya SDM baik guru maupun kepala madrasah.Ada beberapa madrasah yang kamadnya di angkat     oleh yayasan namun kompetensinya kurang.Disamping itu kurangnya tenaga Guru yang profesional bahkan banyak madrasah yang di kelola oleh Guru honor semua.
Alternatip permasalahan:
Pengankatan tenaga honorer oleh pihak madrasah,pihak madrasah mengusulkan kepada Kemenag untuk memohon bantuan tenaga Guru yang PNS.Bisa memutasikan dari MIN yang memiliki guru lebih ke Madrasah suasta 
Perlu adanya kriteria aturan dari yayasan untuk pengangkatan kepala Madrasah.(Bersambung)

4.Bidang kurikulum
Permasalahan :
Semua madrasah telah melaksanakan KTSP,Akan tetapi pada pelaksanaanya belum menyeluruh.Disamping itu masih ada madrasah yang belum menyusun KTSP secara lengkap
Masih ada sekolah yang belum bisa mengembangkan kurikulum pembelajaran baik pembelajaran mulok maupun pembelajaran wajib.
Alternatif Permasalahan
Agar diupayakan adanya bimbingan yang rutin dari pihak Kandepag maupun pengawas untuk membimbing  kepala sekolah dalam menyusun KTSP  dokumen satu dan membimbing guru dalam membuat KTSP dokumen II sehingga kepala sekolah dan guru sama sama membuat KTSP
Perlu adanya pembinaan oleh pengawas tentang cara mengembangkan kurikulum dan contohnya.
5.Kesiswaan
Permasalahan:
Jumlah siswa seringkali tidak akurat ini di sebabkan oleh kurangnya penanganan masalah mutasi siswa. Selain itu kegiatan pengembangan diri di beberapa madrasah kurang di kembangkan.
Alternatif  Pemecahan :
Penanganan masalah mutasi siswa agar terkendali  dilaksanakan oleh pihak madrasah.
Madrasah agar  mengkondisikan kegiatan pengembangan diri melalui kegiatan extrakurikuler atau pengelompokan siswa yang berbakat .sehingga siswa yang memiliki bakat dapat  dikembangkan dengan baik.
6.Sarana dan prasarana
Permasalahan
Beberapa madrasah masih ada yang kekurangan ruang belajar,ruang guru,ruang kepala, ruang perpustakaan,ruang UKS,dan musola.selain itu masih kurangnya buku sumber yang sesuai dengan kurikulum.
kurangnya buku panduan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Alternatif Pemecahan
Perlu adanya penambahan bantuan kepada madrasah secara skala prioritas sehingga ada pemerataan bantuan bangunan..bagi madrasah yang belum memadai masalah ruang belajar bisa menerapkan pembelajaran CTL.
Buku sumber atau buku panduan hendaknya di kaji baik baik sebelum di beli.
7.Lingkungan dan budaya
Permasalahan
Penataan lingkungan madrasah belum maksimal,disamping adanya upaya kearah pengembangan ketertampilan siswa yang di sesuaikan dengan kondisi budaya di sekittar lingkungan masyarakat serta masih ada madrasah
yang belum berbudaya sehat,lingkungan beresih.
Alternatif Pemecahan
Agar ada upaya dari pihak madrasah untuk membimbing siswa kepada kegiatan yang menunjang pada keterampilan tertentu serta diupayakan warga sekolah menata lingkungan dengan rapi beresih,indah rindang dan sehat.





klik disini




Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda
Perhatian!!!! jangan menulis link hidup dalam bentuk apapun.